Pejaten, Sentra Genteng dan Gerabah Tabanan

Bali pulau eksotis dengan keindahan yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia seolah tak hentinya menyediakan daerah wisata untuk dikunjungi. Keramahan penduduk setempat dan juga ketaatan memegang teguh adat-istiadat serta budaya memberikan nilai lebih yang tidak mudah didapatkan di daerah lain.

Salah satu tempat yang mungkin jarang terdengar adalah Desa Pejaten yang merupakan salah satu wilayah desa di Kabupaten Tabanan.

Genteng yang dalam proses pengeringan


Desa Pejaten sudah sejak dahulu kala merupakan satu desa yang terkenal dengan seni gerabah dan genteng selain juga keramik yang dibuat dengan cara tradisional. Hampir sebagian besar penduduknya memiliki usaha gerabah. Tak heran jika kita memasuki desa ini, kita akan melihat banyak rumah pembakaran genteng yang bentuknya tinggi dan unik. Pada spot tertentu Anda akan mendapatkan view yang berbeda dengan Bali pada umumnya, saya pribadi merasa seperti berada di pedesaan Vietnam.

Kita dapat langsung melihat proses pembuatan genteng dan gerabah di desa ini. Proses pembuatan yang sebenarnya rumit terasa begitu mudah dilakukan karena pengalaman yang menempa para pembuat genteng. Hamparan jerami dan sabut kelapa kering yang dijemur, tumpukan genteng basah dan kering, serta proses pembuatan hingga proses pembakaran dapat dilihat langsung.

Genteng sistem pressk

Desa Pejaten yang terletak tidak jauh dari Tanah Lot jangan sampai Anda lewatkan. Datanglah agak siang sebelum menuju Tanah Lot, supaya Anda dapat berkeliling di sana melihat-lihat proses pembuatan gerabah atau membeli souvenir sebelum akhirnya pada sore hari berkunjung ke Tanah Lot menyaksikan matahari terbenam. Tidak usah khawatir juga dengan urusan perut, di sini juga ada kuliner ayam asap yang sangat lezat.

Postingan terkait: