Source of Fear

Sebuah kata bijak menyebutkan bahwa dunia akan aman jika tiap individu secara memiliki pandangan sbb:

  • Takut untuk berbuat jahat,dan
  • Malu akan akibat dari perbuatan jahat yang (akan dilakukan)

Pendapat tersebut sangat benar, sangat indah. Kita sering melihat berita tentang buronan, orang yang dicari oleh pihak berwajib. Mereka sudah menampakkan ketakutan mereka karena telah melakukan kejahatan, dan mereka pasti merasa malu baik terhadap keluarga dan masyarakat karena akibat yang disebabkan oleh perbuatan mereka.

Secara alami rasa ketakutan ketika kita melakukan kesalahan pasti timbul, dan biasanya reaksi kita berlebih dan biasanya dalam bentuk pengingkaran, pemutar balikan fakta, dsb. Makanya kita seringkali mendengar pendapat juga "kalau tidak salah mengapa mesti takut??" . Biasanya pendapat ini muncul dalam pertengkaran/perdebatan, karena si pelaku akan berusaha mati-matian menyangkal, mencari pembenaran, dibandingkan berkata dalam sebuah kejujuran.

Sifat alamiah ini, secara alami pula merupakan fakta bahwa ada aksi ada reaksi yang artinya kalau tidak ingin berada dalam situasi ketakutan dan malu sebaiknya hindari perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun pihak lain.

Seandainya setiap bagian dari kita mampu melakukan pelatihan terhadap diri kita sendiri untuk menanamkan pandangan tersebut, maka seharusnya keluarga, masyarakat, dan dunia akan menjadi tempat yang sangat nyaman bagi kita semua. Bagaimana pendapat Anda?

Comments

Popular Posts