The Secret

Judul tulisan kali ini merupakan sebuah judul artikel dan DVD yang fenomenal tentang sebuah 'rahasia' kekuatan pikiran untuk mewujudkan mimpi atau fantasi kita.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang beredar di masyarakat tentang kekuatan pikiran tersebut saya pribadi menganggap hal ini sesuatu yang masih logis dan masuk akal, karena 'mimpi' yang kita harapkan tersebut masih harus melewati proses yang tidak perlu kita ketahui kapan akan terwujud tergantung kepada bagaimana kita membangun spirit untuk mencapainya. Pada film tersebut dikatakan sebagai cara kita untuk menyeleraskan keinginan kita tersebut.

Secara umum The Secret ini sebenarnya memang mengajak dan mengajarkan kepada kita untuk belajar membangun kondisi positif dalam berbagai aspek kehidupan meskipun untuk itu kita harus belajar sangat keras mengingat mungkin sebagian dari kita belum terbiasa membangun pikiran positif secara konsisten termasuk saya :)

Di salah satu track digambarkan bagaimana seorang anak yang membayangkan kondisi dimana dia memiliki sebuah sepeda. Pada film tersebut diilustrasikan si anak dengan telaten menggunting gambar sepeda yang diinginkan dan terus membayangkan kondisi positif dimana ia memiliki sepeda tersebut. Dan tanpa ia sadari 'alam' menjawab keinginan tersebut pada suatu pagi sang ayah memberikan kejutan dengan memberinya sepeda persis seperti yang diharapkan.

Dalam kondisi logis diberikan juga contoh uji coba tentang kekuatan rahasia dari pikiran positif yaitu sekumpulan orang sakit yang dibagi menjadi dua bagian dimana yang satu grup diberi obat asli yaitu obat yang memang ada efeknya dan sisanya diberikan obat tepung yaitu obat yang tidak ada efeknya. Tapi semua orang dalam uji coba itu diberitahu bahwa itu adalah obat untuk sakit mereka. Dan ternyata group yang diberikan obat tepung sembuh juga. Tentu saja uji coba ini masih ada uji coba lanjutan yang tidak dijelenterehkan dalam film ini, namun cukup memberikan gambaran bahwa kekuatan pikiran untuk mau sembuh adalah faktor utama kesembuhan itu sendiri karena sel-sel tubuh mereka secara aktif membantu kesembuhannya.

Di salah satu tayangan Kick Andy juga sempat dibahas tentang The Secret (tapi sayang saya melewatkannya..) dimana seorang Bapak di daerah terpencil sangat menginginkan untuk bisa tampil di panggung Kick Andy, dan dengan membangun kondisi pikiran positif secara terus menerus, ia mampu untuk menciptakan kenyataan yang luar biasa dimana pada akhirnya ia mampu tampil di panggung Kick Andy.

Sekilas melihat film ini sekilas saya melihat kemiripan dalam mempelajari meditasi dan NLP dimana pikiran dan niat positif akan membawa kita kepada tujuan tertentu.
Yang pasti film atau artikel The Secret ini memberikan wawasan baru kepada kita untuk lebih positif dalam menghadapi segala sesuatu dalam kehidupan ini. Semoga Anda, saya, dan masyarakat luas juga dapat mengambil hikmah dari The Secret untuk menciptakan kondisi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Comments

Popular Posts