Membangun Brand ala Starbucks Melalui Kemitraan


Membangun Brand tidak selalu dalam bentuk beriklan di media namun ada juga cara lain yang bisa kita terapkan untuk mendukung perluasan dan penyebaran brand serta produk kita. Starbucks banyak menyebutkan cara-cara yang dilakukan melalui pendekatan emosional kepada entitas di sekitar mereka dengan melakukan intensive communication. Salah satu yang menarik adalah salah satu konsep mereka yang menyebutkan bahwa mitra (karyawan) mereka dipersilahkan membawa pulang satu pon kopi tiap minggunya, sehingga mereka dapat menikmati produk seperti halnya pelanggan.

Konsep ini menarik dan kalau kita perhatikan perusahaan-perusahaan multinasional ada yang menerapkan konsep seperti ini. Perusahaan menyediakan produk yang diberikan kepada karyawan mereka sehingga karyawan mendapatkan experience yang sama seperti halnya mereka memberikan experience kepada pelanggan mereka. Dengan jalan ini perusahaan mendapatkan keuntungan yang strategis, yaitu :

- Kepuasan karyawan
- Promosi gratis

Dari dua alasan di atas saja, investasi perusahaan akan menjadi sebuah investasi yang menarik karena echo-effect dari investasi tersebut tentu akan menjadi luar biasa. Karyawan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan perusahaan akan memberikan kontribusi dan kualitas kerja yang lebih baik dibandingkan perusahaan yang memiliki karyawan dengan tingkat kepuasan yang rendah terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Di satu sisi produk hasil produksi yang diberikan kepada karyawan akan memberikan kontribusi promosi yang baik terhadap customer terutama akan meningkatkan kualitas kepercayaan atas produk yang diproduksi.

Bagaimana jika perusahaan Anda bukan perusahaan yang memiliki produk yang bisa dikonsumsi/digunakan oleh karyawan Anda?Hal ini dapat diatasi dengan menginvestasikan dana dalam bentuk local merchandises yang mungkin dipesan dari unit usaha di sekitar perusahaan Anda atau mitra bisnis perusahaan Anda. Local Merchandise berkualitas dan valuable yang diberikan secara berkala kepada karyawan juga sama baiknya seperti konsep di atas.

Tentu masih banyak cara-cara sederhana yang dapat digunakan untuk membangun brand usaha Anda disamping cara-cara di atas seperti misalnya social activities, rewards, pendidikan/pelatihan bagi masyarakat sekitar, dsb.

Jadi jangan lupa bahwa bisnis bukan semata memperkaya diri, namun juga menunjukkan tanggung jawab terhadap mitra sebagai penggerak roda bisnis Anda. Investasikan nilai-nilai bisnis yang didasari oleh sudut pandang yang berbeda sehingga memberikan Anda perspektif baru yang mampu mendukung bisnis Anda.

Setuju?

Comments

Popular Posts