Windows Vista Downgrade Program


While Microsoft is still pushing Vista hard, the company is quietly allowing PC makers to offer a "downgrade" option to buyers that get machines with the new operating system but want to switch to Windows XP. source: http://www.news.com/The-XP-alternative-for-Vista-PCs/2100-1016_3-6209481.html?tag=nefd.lede

Program downgrade ke Windows XP bagi pemakai Vista Business dan Vista Ultimate Edition tengah mewabah dan telah dilakukan oleh vendor-vendor yang memaketkan Vista dalam PC atau Notebook mereka.

Dilansir dari media news.com, Fujitsu dikatakan sebagai vendor yang paling agressive sejak bulan lalu dalam membundle disc Windows XP dalam penjualan laptop dan tablet. Fujitsu menyatakan melalui Barris Brandon marketing manager mereka, bahwa program tersebut akan sangat membantu small medium business (SMB).

HP juga melakukan hal serupa sejak bulan Agustus lalu, dengan memberikan layanan konfigurasi system untuk memasukan XP Pro restore disc tanpa biaya ke dalam business desktop, notebook, dan tablet PC mereka, seperti dikatakan oleh juru bicara mereka Tiffany Smith. Lenovo dan Dell juga melakukan hal yang serupa dengan vendor-vendor lainnya.

Perwakilan Microsoft menanggapi hal ini menyatakan memang terjadi perubahan selama musim panas untuk membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan downgrade menuju XP. Dibawah lisensi Vista, konsumen Vista Business dan Vista Ultimate Edition memiliki hak untuk downgrade ke XP.

Memang terdapat beberapa pandangan dari sebagian orang untuk memilih pindah ke sistem operasi lainnya terutama kalangan bisnis untuk tetap memilih Windows XP. Salah satu tantangan yang dihadapi konsumen dan kalangan bisnis adalah Vista rakus memory dan tampilan grafis yang terlalu berat. Kondisi ini menyebabkan muncul lobi-lobi bisnis terutama intinya meminta pembuat PC untuk intens menjual PC dengan kapasitas yang lebih memadai. Microsoft sendiri berharap pembuat PC menghentikan penjualan XP per 31 Januari mendatang.

Hmm..kita lihat saja bagaimana kelanjutannya apakah konsumen akan semakin cerdas menentukan pilihannya?

Kata rekan saya Janis, " Kenapa tidak KLIXs saja, kan lebih murah dan pasti. Toh kebutuhan masa depan adalah dokumentasi yang multiplatformed. Jadi beralih ke Linux bukanlah sebuah dosa."

Info tentang ini bisa dilihat juga di situs resmi mereka:
http://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/VSTA-DWNGRD.html
http://www.computers.us.fujitsu.com/www/support.shtml?support/vista/faq

Comments

Popular Posts