TI: Investasi atau Biaya-sebuah konsep pemahaman mendasar

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang Implementasi TI, saya sempat menyinggung tentang Konsep Investasi dalam kaitannya dengan implementasi TI. Setelah berdiskusi dalam waktu yang lama, saya masih sulit menemukan jawaban yang tepat untuk konsep tersebut. Rekan-rekan saya yang bergerak di dunia akuntansi pun sama bingungnya untuk menjawab secara pasti tentang hal ini.Pada tulisan berikut saya akan mengajak Anda untuk dapat lebih mudah menyimak konsep tersebut.

Setelah mencari-cari jawabannya kesana-kemari, akhirnya suatu waktu saya menemukan jawaban yang cukup menarik dari Ibu Idrianita (http://idrianita.wordpress.com) yang juga seorang anggota ISACA - chapter Indonesia sekaligus dosen Akuntansi di FE Trisakti. Beliau memberikan jawaban atas pertanyaan saya secara jernih.

Berikut saya kutip langsung jawaban dari Ibu Idrianita:

Investasi menurut konsep akuntansi adalah pengeluaran dalam jumlah yang signifikan yang akan memberikan manfaat lebih dari satu tahun. Komponen nilai investasi (di aset tetap) secara tahunan nanti akan di akui sebagai beban depresiasi.

Beban (expense) adalah pengeluaran yang dilakukan secara rutin atas manfaat yang diterima dalam jangka pendek.Orang awam sering menyebut beban (expenses) dengan kata ‘biaya’.Secara akuntansinya justru pengeluaran untuk investasi yang disebut sebagai biaya (cost). Cost adalah suatu pengeluaran yang memberi manfaat lebih dari satu tahun.

Dalam konteks TI kalau yang anda beli hanya komputer dengan spec tertentu. Itu baru Hardware boleh dibilang investasi. Tetapi agar H/W yang ada jadi bermanfaat tentunya perlu diisi dengan S/W yang anda perlukan yang berisi data-data atau transaksi usaha anda. Pengembangan sistem (S/W) yang sesuai dengan bisnis sendiri, juga dapat dikatakan sebagai investasi. Bisa jadi S/W dibeli jadi atau dikembangkan secara khusus. Ini terjadi sekali didepan. Jika sudah ada yang dua hal ini, dalam periode berjalan anda masih butuh koneksi terhadap data, saluran komunikasi, dan beban-beban lain terjadi secara rutin. Ini disebut sebagai beban.

Manfaat yang didapat dari investasi Ti tersebut……anda tentu terbantu dengan proses pembuatan laporan yang menjadi mudah, mengetahui dnegan cepat segala sesuatu tentang bisnis Anda. Jika ini tidak didapat…, mungkin ada yang salah dengan pendefinisian kebutuhan sistem Anda.

Jadi semoga tulisan ini memberikan wacana baru bagi Anda untuk dapat menilai bahwa TI adalah suatu investasi dengan alasan seperti diuraikan di atas.
Semoga bermanfaat.

special thanks to:
Ibu Idrianita -
http://idrianita.wordpress.com

Comments

Popular Posts