Pertimbangkan ya: XL Bad Signal


XL Tidak Bening di Manado

Perjalanan kali ini ke Manado sedikit terganggu dengan sarana telekomunikasi yang ada di daerah ini. Seorang rekan yang asli Manado dan tinggal di Jakarta sempat menghubungi saya tepat ketika saya sedang makan nasi kuning khas Manado mengingatkan "Yan, kamu mesti sabar make XL di Manado". Aku waktu itu cuma senyum simpul aja karena kupikir dia bercanda apalagi aku make Explore.

Dan memang terbukti, ini hari terakhir aku di Manado karena esok hari aku sudah terbang ke Surabaya melalui Jakarta, dan hingga saat ini aku tidak mudah dihubungi dan juga tidak mudah untuk menghubungi. Tapi lucunya access signal full ; makanya aku sempat tidak percaya juga.

Berbekal pengalaman itu saya mengingatkan kepada rekan-rekan atau traveller yang langganan XL untuk lebih baik membawa cadangan chip dari provider selain XL. Hmm..menyesal juga karena telah meninggalkan cdma phone-ku di rumah.

XL rupanya tidak mempersiapkan infrastruktur yang memadai untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di utara Indonesia ini. Terbukti dari rekan-rekan bisnis saya juga mengiyakan bahwa sebenarnya pelanggan XL saat ini (promo Rp 1/detik) response-nya sangat bagus, tapi sayang jaringannya tidak bertenaga, jadi seperti ambil undian. Dengan kondisi seperti ini tentu pelanggan yang dirugikan. Maka tidak salah pula pelanggan XL tidak mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan produk dari provider lain.

Jadi sebaiknya jika bepergian ke Manado lebih baik Anda membeli chip prabayar setelah tiba di Manado dan mendapatkan kepastian dari orang-orang di sini tentang mana provider yang layanannya bagus daripada nantinya Anda menjadi terisolir.

Comments

Popular Posts