Open Source Tak Terhindarkan

Gartner baru-baru ini merilis pernyataan mengejutkan. Anda dapat menghindari Open Source, tapi kemungkinan akan lebih mudah untuk keluar dari bisnis berbasis IT secara total. Pada tahun 2011 sekitar 80% software komersil akan terdiri dari atau mengandung sumber terbuka (open source).

"Bagi Anda mungkin mengejutkan, Anda tidak akan percaya,"kata Mark Driver,Vice President Gartner pada Open Source Summit di Las Vegas.
"Bahkan beberapa orang mengatakan 'lupakan 2011' kondisi itu sudah terjadi sekarang".

Saatnya untuk mulai memperhatikan trend tersebut meskipun mungkin Anda tidak berencana untuk menggunakan sistem Open Source secara penuh, karena Open Source disukai atau tidak pasti akan memasuki bisnis Anda. Kita tidak bisa menutup mata terhadap kehadiran raksasa Open Source sejak berapa tahun sebelumnya seperti mySQL, Mozilla, PHP, dan lain sebagainya yang terbukti memberikan efek positif bagi pertumbuhan bisnis di dunia.Bahkan saat ini vendor-vendor software yang dulunya berbasis sumber tertutup dan komersil seperti Lotus, Eudora, kini dengan pasti melenggang ke dalam kancah Open Source development.

Hal terpenting saat ini bagi bisnis adalah merencanakan membangun strategi bisnis berbasis Open Source, menentukan dimana, bagaimana, dan kapan akan memulai menggunakan Open Source pada bisnis Anda dibandingkan harus menghindari sesuatu yang pasti akan terjadi.


Bagaimana dengan Anda?

source: http://www.linuxworld.com/news/2007/092007-open-source-unavoidable.html

Comments

Popular Posts