KLIXs Goes to Kediri, a Linux vaganza

Tepatnya hari Kamis yang lalu 6 September 2007, saya berkesempatan untuk memperkenalkan KLIXs kepada masyarakat Kediri-Jawa Timur. Mengambil tempat di hotel Lotus Garden, saya bersama tiga orang narasumber lainnya berkesempatan untuk berbagi ilmu dengan masyarakat Kediri yang saat itu didominasi oleh para guru, dosen, dan siswa SMK berbasis TI.

Sangat menarik mencermati antusiasme masyarakat Kediri terhadap perkembangan TI. Berkenaan dengan KLIXs, dari berbagai kesempatan berbicara di depan publik hal-hal yang selalu ditanyakan oleh peserta adalah :
  1. apakah KLIXs didistribusikan GRATIS?
  2. apakah printer-printer yang ada sekarang bisa bekerja dengan baik di KLIXs?
  3. apakah KLIXs didukung oleh support yang memadai?

Saya akan coba menguraikan pertanyaan di atas.
KLIXs saat ini tidak didistribusikan secara GRATIS, tapi juga tidak menguras isi kantong Anda. Bahkan dari 100 ribu rupiah Anda masih mendapatkan kembalian untuk membeli pulsa barangkali. Pemahaman kita terhadap LINUX GRATISAN adalah konsep yang perlu diluruskan. Dalam aturan GPL pengertian Free adalah Freedom dan bukan mengacu kepada uang. Dan Anda bebas untuk melakukan redistribusi dan mengutip sejumlah harga secara rasional.


//Mari kita lihat sebentar cuplikan dari GPL:
...When we speak of free software, we are referring to freedom, notprice. Our General Public Licenses are designed to make sure that youhave the freedom to distribute copies of free software (and charge forthis service if you wish), that you receive source code or can get itif you want it, that you can change the software or use pieces of itin new free programs; and that you know you can do these things....
// source: http://www.opensource.org/licenses/gpl-license.php

Inilah yang kami lakukan. KLIXs dikembangkan untuk memenuhi tuntutan masa kini akan sistem operasi yang mudah digunakan, harga terjangkau, fungsional, dan mudah didapat serta mengandung unsur pendidikan. KLIXs developer memahami bahwa masyarakat masih cukup banyak yang asing dengan Linux dan menganggap Linux adalah sistem operasi yang sulit, maka team developer juga melengkapi KLIXs dengan video tutorial yang pasti akan membantu user dalam memahami Linux dan aplikasinya secara bertahap.

Jadi dengan membeli KLIXs artinya Anda turut serta dalam pengembangan KLIXs selanjutnya.

Kemudian bagaimana dengan issue printer?
Konsep pemikiran user atas kelengkapan driver printer perlu juga diluruskan. Driver adalah bukan mutlak tanggung jawab sepenuhnya dari pengembang KLIXs maupun distro lainnya. Tapi mutlak sebagai tanggung jawab dari hardware vendor yang bersangkutan.

Saat ini memang masih banyak hardware vendor yang belum menyertakan driver dalam platform Linux tapi bukan berarti tidak akan ada selamanya, semuanya menyangkut masalah waktu. Dalam tahun mendatang sertifikasi Linux atau Linux Certified yang digagas oleh PC Linux diharapkan akan memberikan angin segar bagi pengguna Linux akan jaminan ketersediaan driver di platform Linux.

Bagi hardware vendor, bila mereka tidak menyediakan driver maka boleh dipastikan mereka akan kehilangan market share karena pertumbuhan Linux yang demikian pesatnya. Dengan tidak menyediakan driver maka user otomatis akan berupaya mencari pengganti dengan hardware yang drivernya tersedia di platform Linux.

Untuk melihat daftar printer yang disupport di linux maka Anda bisa mengunjungi situs :
http://www.linux-foundation.org/en/OpenPrinting dan juga forum-forum yang membahas tentang printer dan devices lainnya.

Pertanyaan terakhir mengenai ketersediaan support.
Merupakan suatu kewajiban di dunia opensource untuk menyediakan layanan support atas produk/program yang dirilis ke masyarakat. Perlu dipahami kelangsungan bisnis di dunia opensource salah satunya berasal dari layanan support disamping "product halo" lainnya seperti penerbitan buku manual, bahan ajar, support berbayar, merchandise, dsb.

Di dalam dunia opensource, layanan teknis (support) ada dua jalan yang umum dilakukan yaitu:

  1. melalui forum/milist
  2. on site support
yang saat ini dilakukan oleh KLIXs adalah melalui milist yaitu di klix@yahoogroups.com, untuk mendaftar Anda bisa melakukan subscribing lewat klix-subscribe@yahoogroups.com dan dalam waktu dekat forum khusus KLIXs juga akan hadir untuk semakin memudahkan Anda dalam meretrieve informasi berdasarkan topik tertentu.

Semoga ulasan saya kali ini memberikan suatu pencerahan bagi Anda pemakai KLIXs.


Comments

Popular Posts