Jalan-Jalan: Hari Kedua di Akhir September, Night Life in Manado

Pagi hari cuaca cukup bagus di hari kedua (27 Sep 2007) aku berada di Manado kota Nyiur Melambai meskipun sedikit disaput mendung tipis. Perjalanan pertama dimulai dengan berjalan kaki ke belakang kantor yang berlokasi di Jalan Kembang sekitar Kantor KONI/DPRD. Sebelum meneruskan pekerjaan ada baiknya pagi hari dinikmati sambil mengisi perut dengan bubur Tinutuan (Manado) di sebuah warung rumahan yang cukup ramai dengan pegawai kantor. Dengan ditemani nike (ikan kecil yang digoreng, di Bali dikenal dengan 'be ipun') dan tahu goreng plus sambal, sarapan pagi menjadi cukup memuaskan untuk selanjutnya kembali ke kantor untuk mempersiapkan acara presentasi sore hari.

Jarum jam seolah bergerak cepat menuju sore hari, dan saya segera menuju Gran Puri untuk bersiap dalam acara yang diselenggarakan oleh AMD Indonesia. Pengunjung masih belum banyak yang datang jadi saya masih ada waktu untuk memeriksa ulang file-file presentasi saya.

Presentasi berjalan lancar dan saya juga sangat menyukai antusiasme peserta yang aktif untuk bertanya seputar presentasi myBiz. Alhasil melihat antusias mereka, sayapun menjanjikan pelatihan gratis keesokan harinya di IT Center Manado.

Malam mulai merayap dan usai presentasi saya beserta seluruh team acara sepakat untuk menuju warung makan pinggir pantai Boulevard untuk menikmati indahnya pantai yang cukup semarak diterangi oleh terangnya bulan. Ban mobil bergulir menuju Boulevard dan persis di daerah belakang deretan ruko Boulevard di seberang IT Center kita berhenti di Warung San Fransisco yang menyajikan makanan khas manado. Sambil menikmati sajian pedas Manado yang disajikan kita berdiskusi banyak hal juga hingga jam menunjukkan pukul 1 malam. Kaget juga melihat waktu yang bergulir cepat disini tapi suasana malam tetap hidup seolah saya berada di kisaran pukul 10 malam saja. Sungguh luar biasa.

Ok, waktunya untuk kembali bekerja. Yang pasti Manado sangat layak untuk dikunjungi, sangat layak pula untuk investasi bisnis karena Manado berkembang sangat pesat. Pastikan Anda tidak melewatkan sisa hidup Anda tanpa berkunjung ke Manado seperti halnya rekan-rekan saya lainnya yang juga mengiyakan.